Senin, 27 Mei 2013

Tips Memadukan Warna Dalam Berpakaian

Enaknya Pake Baju Warna Apa Ya?

Waktu itu, saya dengan teman-teman pergi ke suatu pusat keramaian untuk menyaksikan pertandingan final sepakbola Liga Champions.Yang menarik perhatian saya adalah orang-orang yang berpenampilan mengenakan pakaian dengan warna tidak sesuai, bertabrakan.

Mungkin banyak orang yang tidak memikirkan kesesuaian dalam pemilihan warna pakaian. Mereka beranggapan bahwa mereka dapat mengenakan warna apa saja selama mereka suka, nyaman dan terlihat bagus untuk mereka. Tentu saja hal ini tidak salah. Tetapi dalam hal interaksi, kita juga harus memperhatikan aspek penilaian orang lain.

Satu hal yang paling penting dalam berbusana adalah pemilihan warna pakaian yang tepat, tetapi tidak hanya se-simpel menyamakan warna atasan, bawahan maupun bagian lain. Kita harus mengetahui kombinasi warna apa yang sesuai satu dengan yang lain.

Untuk mahir dalam hal ini, kita harus mengetahui ilmu dasar tentang warna. Sebenarnya kita pernah mendapatkan pengetahuan ini sewaktu kita masih duduk di sekolah dasar, pada pelajaran seni rupa. Saya sendiri walaupun tidak jago menggambar, tapi saya suka ketika belajar tentang warna dan pencampurannya.

Pakaian dibuat dalam berbagai ukuran, model dan warna sehingga setiap orang bebas memilih sesuai dengan gaya dan warna favorit masing-masing.

Saya sendiri, dalam memilih jenis pakaian, warna merupakan perhatian utama. Ukuran pas, model oke, harga pas, tapi kalau warna tidak sesuai ya nggak jadi beli.

Karena itu setiap kali saya ingin membeli pakaian, saat budget terbatas mungkin saya hanya akan beli bajunya dulu, atau mungkin beli celananya saja. Tapi satu hal yang pasti bahwa saya akan selalu mempertimbangkan apakah saya sudah punya baju atau celana yang warnanya sesuai dengan pakaian yang akan saya beli. Jangan sampai beli baju baru tapi tidak ada celana yang cocok.

Perpaduan antara warna-warna yang sesuai dalam berbusana akan mempercantik penampilan pemakainya. Perpaduan yang serasi inilah yang dalam bahasa Betawi dikenal dengan istilah matching.

Saya sering melihat ada orang yang begitu pandai dalam memilih warna pakaian. Sudah orangnya cakep, warna pakaiannya matching, sungguh merupakan penampilan yang sempurna.

Disisi lain kadang ada juga orang yang begitu cuek, seenaknya saja memperkosa hukum keserasian warna dalam berpakaian. Kalau orangnya cakep masih mending, nah kalau wajahnya pas-pasan kayak saya, bisa makin ancur dah. Bikin sakit mata orang yang memandangnya.

Saya memang tidak pernah belajar khusus tentang hal ini, namun saya bisa menilai dari penampilan orang-orang yang concern akan perpaduan warna. Intinya ya sesuai dengan selera mata saya.

Adapun warna-warna yang bisa dipadukan dengan warna lainnya antara lain:

Merah dengan hitam, kuning dengan ijo, ijo dengan coklat, kuning dengan coklat, coklat dengan krem, krem dengan putih, biru dengan hitam, orange dengan kuning atau hitam, abu-abu dengan kuning, dsb.

*Ini menurut saya lho, ya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar