Minggu, 26 Mei 2013

Cara Merawat Jacket Kulit

Tips cara merawat jaket kulit agar lebih awet

Jaket kulit atau leather jacket memang tidak ada matinya. Selain fungsinya sebagai pelindung tubuh, jaket kulit termasuk satu dari sekian banyak barang fashion yang bertahan di segala jaman karena memiliki banyak penggemar. Jaket kulit kini tidak hanya milik laki-laki dewasa saja, namun beralih pada fashion jacket yang bisa dipakai segala usia dan bahkan perempuan.
1. Jangan pernah dicuci
Perawatan jaket kulit memang berbeda, jika produk fashion lain harus dicuci lain halnya dengan leather jacket. Jangan pernah mencuci jaket kulit, apalagi dengan menggunakan deterjen dan atau mesin cuci. Mencuci jaket kulit sama dengan merusak bahan kulitnya. Jika jaket kulit Anda kotor, maka cukup bersihkan dengan cara dilap dengan kain basah kemudian diangin-anginkan. Ingat, jaket kulit jangan sampai terpapar sinar matahari secara langsung.
2. Beware of water!
Jaket memang berfungsi sebagai pelindung saat cuaca dingin, namun jangan gunakan jaket kulit pada waktu hujan turun. Jaket kulit akan lembab jika sampai terkena air (hujan), dan kondisi ini akan menyebabkan munculnya jamur dan bau yang tidak enak. Bahkan bisa jadi menimbulkan bercak putih pada jaket kulit Anda. Jika sudah terlanjur kena air, maka segera keringkan jaket kulit di depan kipas angin.
3. Rawat dengan lotion
Leather jacket sama halnya dengan kulit manusia yang butuh dijaga kelembabannya. Anda bisa menggunakan lotion untuk menjaga kelembaban jaket kulit. Caranya, oleskan lotion pada jaket kulit Anda dan biarkan selama 30 – 60 menit, kemudian bersihkan dengan tisu, kapas, atau kain halus. Lakukan minimal seminggu sekali agar jaket kulit Anda tetap awet. Selain lotion, Anda juga bisa menggunakan minyak goreng atau cairan pembersih khusus jaket kulit.
4. Jangan disemprot parfum
Tahukah Anda kalau parfum bisa merusak jaket kulit? Ya, parfum mengandung bahan kimia yang dapat merusak bahan jaket kulit. Pakai parfum sebelum mengenakan jaket kulit, tepatnya jangan menyemprotkan parfum pada jaket kulit Anda. Jika terlanjur, Anda bisa membersihkannya dengan lotion.
5. Jangan dilipat
Hindari melipat jaket kulit karena hanya akan merusak kelenturannya dan menimbulkan bekas lipatan. Bekas ini tentu tidak enak dilihat mata, bukan? Jika ingin menyimpan jaket kulit, maka sebaiknya jaket digantung agar tidak kusut dan rusak.
6. Repaint it!
Jika jaket kulit Anda sudah kusam, bisa dicatkan ulang di produsen jaket kulit agar terlihat seperti baru kembali. Ingat, bawa jaket kulit Anda ke produsen atau pihak yang tepat agar tidak malah merusaknya.

CARA MERAWAT JAKET KULIT jika JAKET KULIT terkena hujan

agan kali ini saya tulis artikel kalau saja agan ada kedapatan yang JAKET KULIT BANITU nya entah itu JAKET KULIT DOMBA, JAKET KULIT KAMBING maupun JAKET KULIT SINTETIS yang terkena hujan dan basah kuyup, berikut langkah dan trik nya supaya JAKET KULIT BANITU agan bisa awet:
  • yang pertama sesampai di rumah, segera gantung dengan cara JAKET KULITnya dibalik, untuk kulit bagian dalam, dan untuk kain lapisan satennya di bagian luar
  • jemur pada terik matahari saat itu juga atau boleh juga besok jika saat itu tidak ada panas matahari (hanya saja teknik ini perlu perhatian kusus, jangan dijemur seharian, cukup 3 sampai 4 jam sampai terasa jaket tidak terlalu basah atau bahasa gaulnya nyemek-nyemek), —-> bagian ini hanya untuk JAKET KULIT BANITU yang benar-benar basah kuyup luar dalam, jika hanya basah sedang saja cukup 1 jam pengeringan di atas terik matahari,
  • kemudian balik lagi jaket dan jemur di tempat yang teduh, dan di angin-angin kan, dan ingat untuk rumah yang masih terbuka jangan sampai ditinggal ntar kecolongan lagi, hehehe (mengingat harganya yang memang tinggi dibandingkan harga jaket lainnya mesti barang ini banyak yang ngelirik)
  • dan yang terakir oles permukaan kulit dengan lotion, beli aja lotion di toko terdekat, dan kemudian oleskan secara tipis dan merata di setiap permukaan JAKET KULIT BANITU agan, agar kelembapan tetap terjaga sehingga KULIT pun terawat
  • JAKET KULIT BANITU siap dipakai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar